Daftar hitam A.S. Perusahaan Kuba terkait dengan penggelapan sanksi Venezuela

Daftar hitam A.S. Perusahaan Kuba terkait dengan penggelapan sanksi Venezuela

Pemerintahan Trump pada hari Selasa membuat daftar hitam sebuah perusahaan Kuba yang dituduhnya membantu sebuah perusahaan minyak yang dikelola negara Kuba menghindari sanksi yang terkait dengan Venezuela, yang terbaru dalam serangkaian tindakan yang menargetkan Havana untuk dukungannya terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Sanksi dijatuhkan pada Corporacion Panamericana SA karena bertindak atas nama perusahaan impor dan ekspor minyak Cubametales, yang masuk daftar hitam pada Juli sebagai bagian dari kampanye penekan Venezuela di Washington, menurut pernyataan dari Departemen Keuangan AS.

Washington telah menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan Kuba yang melakukan bisnis dengan anggota OPEC Venezuela sebagai bagian dari upayanya untuk mengusir Maduro, seorang sosialis yang telah mengawasi keruntuhan ekonomi dan dituduh oleh Amerika Serikat melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia.

Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara lainnya telah mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden yang sah. Guaido meminta konstitusi untuk menjadi presiden saingan pada Januari, dengan alasan pemilihan kembali Maduro pada 2018 adalah bohong. Tetapi Maduro tetap mendapatkan dukungan dari militer, menjalankan operasi sehari-hari pemerintah dan didukung oleh Rusia, Cina dan Kuba.

“Tindakan hari ini akan semakin menekan skema mencari keuntungan ilegal yang dilakukan Kuba untuk membantu diktator tidak sah Nicolas Maduro,” Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan.

Menurut Departemen Keuangan, Corporacion Panamericana menggantikan Cubametales dalam transaksi energi dan transaksi komersial internasional serta beberapa karyawan dari perusahaan yang ditargetkan untuk membantu perusahaan menghindari sanksi.

Sanksi membekukan semua aset A.S. yang dimiliki oleh Corporacion Panamericana dan melarang orang Amerika melakukan bisnis dengannya.

“Kuba telah memainkan peran langsung dalam mencegah kembalinya demokrasi ke Venezuela,” kata Wakil Sekretaris Keuangan Justin Muzinich dalam sebuah pernyataan. “Perbendaharaan terus mengejar penjahat sanksi untuk menyangkal sumber daya bagi rezim Venezuela yang tidak sah.” (Pelaporan oleh Daphne Psaledakis; pengeditan oleh Matt Spetalnick dan Steve Orlofsky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *